14 Cara Mengatasi STB Evercoss Tidak Ada Sinyal dengan Mudah

STB Evercoss merupakan receiver TV digital yang sudah support resolusi Full HD meskipun secara harga tergolong murah.  Masalah tidak ada sinyal kadang terjadi pada STB Evercoss. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab masalah ini, seperti masalah pada perangkat atau gangguan pada siaran TV. 

Kondisi ini tentu saja mempengaruhi kenyamanan menonton TV. Kadang sinyal hilang 100% sehingga tidak bisa ditonton, ada juga masalah siaran buram ataupun suara putus-putus. Oleh karena itu, artikel ini hadir sebagai panduan untuk membantu mengatasi STB Evercoss tidak ada sinyal.

1. Pastikan kabel antena terhubung baik ke STB

Silahkan cek ujung kabel dari antena ke port yang ada di belakang STB. Sebaiknya copot dulu lalu pasangkan kembali hingga kencang. Pastikan tidak ada port yang longgar, debut kotoran ataupun karat, bersihkan jika perlu dengan kain kering.

Segera ganti kabel dengan yang baru jika terdapat kerusakan parah dan tidak mungkin diperbaiki. Untuk masalah harga variatif tergantung kualitas dan panjang.

2. Periksa kabel yang menghubungkan STB Evercoss ke TV (RCA atau HDMI)

Pastikan kabel tersebut terpasang dengan benar dan tidak rusak agar input Audio dan Video dapat masuk ke TV dengan baik. Biasanya STB ini dibekali dengan kabel RCA gratis namun sebaiknya pakai HDMI agar kualitas siaran lebih baik.

3. Kerusakan hardware komponen internal

Perlu pengetahuan teknis dan peralatan khusus untuk mengecek kerusakan hardware atau komponen internal pada STB Evercoss. Inilah mengapa disarankan untuk menghubungi teknisi jika kamu mencurigai ada masalah dengan komponen.

Berikut ini adalah beberapa langkah umum yang dapat kamu lakukan untuk mengecek:

  • Pastikan semua kabel dan konektor terhubung dengan benar dan tidak kendor atau rusak.
  • Periksa kondisi pendingin atau heatsink yang ada pada komponen internal. Jika pendingin atau heatsink tidak berfungsi dengan baik, suhu komponen internal bisa meningkat dan menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut.
  • Periksa apakah ada kerusakan fisik pada komponen internal seperti capacitor atau resistor yang terlihat meleleh atau bengkok. Jika ada, sebaiknya segera mengganti komponen tersebut.
  • Cek voltase dan arus listrik pada setiap komponen internal untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar.
  • Periksa apakah ada kerusakan pada motherboard atau printed circuit board (PCB) lainnya. Jika terjadi kerusakan.

Jika kamu tidak memiliki keterampilan dan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik, sebaiknya membawa STB Evercoss ke pusat servis resmi Evercoss atau teknisi untuk diperbaiki.

4. Pastikan menggunakan firmware terbaru

Sering kali masalah sebuah STB yang tidak dapat menangkap sinyal disebabkan masalah firmware. Perangkat lunak dari STB bisa error jika terjadi gagal update ataupun data corrupt yang disebabkan listrik mati tiba-tiba.

5. Periksa apakah sinyal TV digital DVB-T2 tersedia di daerahmu

Kamu dapat menggunakan aplikasi penguji sinyal TV digital DVB-T2 pada perangkat Android atau iOS untuk membantu memeriksa kualitas sinyal di daerahmu. Yang paling populer dan sering dibahas adalah aplikasi bernama sinyalTVdigital.

Agar lebih yakin, silahkan bertanya ke teman atau tetangga yagn sudah menggunakan STB DVB-T2 ataupun TV yang build-in untuk menangkap sinyal TV digital. Apakah mereka juga mengalami hilang sinyal?

Jika iya, kemungkinan sinyal dari mux dari channel tersebut hilang untuk sementara. Tunggulah beberapa hari hingga muncul kembali. Perlu diingat bahwa sekarang masih dalam proses digitalisasi, banyak siaran percobaan yang hilang dan kembali.

6. Pastikan STB Evercoss sudah terkonfigurasi dengan benar

Untuk memastikan bahwa STB sudah terkonfigurasi dengan benar, berikut adalah beberapa hal yang perlu untuk dicek,

  1. Pastikan STB Evercoss terhubung dengan antena UHF yang sesuai: Arahkan antena menuju dimana tower pemancar berada, salah satu cara mencari arah yang benar adalah menggunakan aplikasi sinyalTVdigital.
  2. Lakukan scanning saluran: Kamu perlu melakukan scanning untuk mencari dan menemukan saluran TV digital DVB-T2 yang tersedia. Pastikan bahwa proses scanning saluran sudah selesai dan tunggu saluran TV muncul.
  3. Konfigurasi pengaturan: Pastikan bahwa pengaturan pada STB Evercoss sudah sesuai, sebaiknya konsultasi ke teman/ kerabat yang lebih ahli jika bingung. Konfigurasi pengaturan dapat dilakukan melalui menu pengaturan yang tersedia pada STB Evercoss.
  4. Pastikan sinyal cukup kuat: Pastikan bahwa sinyal TV digital DVB-T2 yang diterima oleh STB Evercoss cukup kuat dan stabil. Sinyal yang lemah atau tidak stabil dapat menyebabkan gangguan pada tampilan gambar dan suara pada saluran TV digital DVB-T2

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, seharusnya STB sudah terkonfigurasi dengan benar dan siap digunakan. Mayoritas channel yang tersedia sudah bisa ditonton dengan baik, kalau ada 1-2 yang tidak ada kemungkinan karena kualitas sinyal kurang.

7. Lakukan pemindaian ulang atau reset STB Evercoss

Jika sudah buntu dan tidak menemukan dimana letak permasalahan dan yakin bukan karena kerusakan hardware, disarankan untuk reset pengaturan pabrik. Setelah semua kembali ke setelan default, silahkan scan ulang kembali dan lihat apakah sekarang STB Evercoss sudah dapat sinyal.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengatasi masalah tidak ada sinyal pada STB Evercoss. Jangan khawatir, masalah ini umum terjadi dan bisa diatasi dengan langkah-langkah yang tepat. Selamat menikmati kembali acara TV favoritmu dengan kualitas gambar yang tajam dan jernih!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mematikan STB Evercoss yang Benar

Cara Menghilangkan Zoom di TV

Remote TV TCL Tidak Berfungsi